PENGARUH
SOSIAL MEDIA (FACEBOOK) TERHADAP MAHASISWA
1. LATAR BELAKANG
Facebook adalah salah
satu media sosial yang sangat terkenal, dengan facebook kita dapat terhubung
dengan orang dari seluruh dunia. Di facebook kita dapat menampilkan profil diri
lengkap dengan foto-foto, bersosialisasi dengan berbagai macam orang.
Dewasa ini facebook
memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangannya, kelebihannya adalah bukan
hanya menambah atau memperbanyak teman tetapi juga mempererat hubungan
persahabatan, pertemanan, kekeluargaan, bahkan akhir-akhir terdapat tren baru
yaitu online shop yang semakin memanjakan pengguna facebook dengan dapat
berbelanja hanya dengan menggunakan facebook. Kekurangannya adalah banyak orang
yang menyalah gunakan facebook sebagai alat untuk menipu orang dan juga
beberapa tindak kejahatan atau kriminal
Karena kemudahan dalam mengakses
facebook Jika mahasiswa terus menerus mengakses facebook tanpa mengenal situasi
maka akan berakibat buruk dan ketergantungan yang mengakibatkan malas dan tidak
dapat membagi waktu kapan akan belajar atau main facebook.
2. RUMUSAN MASALAH PENELITIAN
Dari latar belakang masalah pengaruh sosial media (facebook) terhadap
mahasiswa maka rumusan masalah yang diangkat adalah sebagai berikut:
I.
Apa pengaruh sosial media (facebook)
terhadap mahasiswa?
II.
Bagaimana solusi dalam menangani pengaruh
sosial media (facebook) terhadap mahasiswa?
3. TUJUAN
PENELITIAN
I.
Untuk mengetahui pengaruh sosial media
(facebook) terhadap mahasiswa ?
II.
Untuk mengetahui solusi dalam menangani
pengaruh sosial media (facebook) terhadap mahasiswa ?
4. MANFAAT
PENELITIAN
I.
Memberikan penjelasan dan pemahaman
tentang pengaruh sosial media (facebook) terhadap mahasiswa ?
II.
Memberikan
penjelasan dan pemahaman mengenai solusi dalam menangani pengaruh sosial media
(facebook) terhadap mahasiswa ?
5. TINJAUAN
PUSTAKA
I.
Media Massa
media
massa merupakan sarana penyampaian komunikasi dan informasi yang melakukan
penyebaran informasi secara massal dan dapat diakses oleh masyarakat secara
luas.
II.
Komunikasi Massa
a. Komunikasi
massa diarahkan kepada audiens yang relatif besar, heterogen, dan anonim.
b. Pesan-pesan
yang disebarkan secara umum, sering dijadwalkan untuk bisa mencapai sebanyak
mungkin anggota audiens secara serempak dan sifatnya sementara.
c. Komunikator
cenderung berada atau berpoperasi dalam sebuah organisasi yang kompleks yang
mungkin membutuhkan biaya yang besar.
III.
Model Komunikasi Media Massa
Media
massa yang kita gunakan secara umum adalah radio, televisi, buku, majalah,
surat kabar, film, rekaman suara, jaringan komputer, dan internet.
IV.
Produk Media Massa
karya
yang dibentuk komunikator sebagai upaya mencapai tujuan komunikasinya (apa yang
diinginkannya) melalui suatu keterampilan atau seni yang disebut jurnalistik
dengan tujuan memengaruhi komunikan (khalayak) sesuai dengan kehendak komunikatornya.
6. Metodologi
Penelitian
V.
Tekhnik Sampling
Populasi adalah wilayah generalisasi yang
terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik
tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik
kesimpulannya Sampel adalah sebagian
dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut.
VI.
Tekhnik Pengumpulan Data
a. Pengamatan
b. Wawancara
c. Kuesioner
VII.
Tekhnik Pengolahan Data
Pengolahan
data itu dimulai dengan melakukan editing setiap data yang masuk., dilanjutkan
dengan proses coding, yaitu mengklasifikasikan jawaban responden menurut
macamnya
VIII.
Tekhnik Analisis Data
Analisis
data kuantitatif dengan tekhnik statistik pada dasarnya adalah proses pemberian
kode (identitas) terhadap data penelitian melalui angka-angka.. Sedangkan
ukuran pemesatan diukur dengan menggunakan teknik statistik deskriptif, seperti
Mean (M), Mediam (Md), dan Mode(Mo) dan ukuran penyimpangan, diukur dengan
menggunakan Standar Deviasi (SD).
0 komentar:
Posting Komentar